Download Silabus KTSP Kelas I - VI Semester 1 dan 2

Download Silabus KTSP Kelas I - VI Semester 1 dan 2 : Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai, dan materi pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari peserta didik dalam dalam rangka mencapai SK dan KD.

Dalam pengembangan silabus, terlebih dahulu perlu ditentukan SK yang berisikan kebulatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang ingin dicapai, materi yang harus dipelajari, pengalaman belajar yang harus dilakukan, dan sistem evaluasi untuk mengetahui pencapaian SK.

Dengan kata lain, pengembangan kurikulum dan pembelajaran menjawab pertanyaan (1) Apa yang akan diajarkan (SK, KD dan materi pembelajaran)? (2) Bagaimana cara melaksanakan kegiatan pembelajaran, metode, media)? dan (3) Bagaimana diketahui bahwa SK dan KD telah tercapai (indiator dan penilaian)?.
Silabus KTSP Kelas I - VI Semester 1 dan 2
Silabus KTSP Kelas I - VI Semester 1 dan 2

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencangkup SK, KD, dan materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Sialabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan perkembangan istem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rancana pembelajaran untuk satu SK maupun satu KD. 

Silabus juga bermanfaat sebagi pedoman untuk merencanaan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem panilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada SK, KD, dan Indikator yang terapat di dalam silabus.

Berikut silabus KTSP yang dikeluarkan oleh BSNP.







Referensi Artikel Lainnya :


    Subscribe to receive free email updates: