Model Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Model Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka : Sejarah pramuka dunia dipelopori oleh Robert Stephenson Smith Baden Powel (22 Februari 1857 – 8 Januari 1941) yang dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World). Berbagai kegiatan seperti Jambore dunia dilaksanakan di berbagai negara.

Pramuka di Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961. Hal tersebut didasarkan pada Keppres RI No. 112 tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang disebutkan Presiden RI pada 9 Maret 1961. Gerakan Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan untuk kaum muda, yang bersifat sukarela, nonpolitik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, yang menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan melalui suatu sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka.

Silabus Ekstrakurikuler Pramuka
Model Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Dasar Penyelenggaraan Gerakan Pramuka sebagai Landasan Hukum diatur berdasarkan Undang-Undang, Keputusan Presiden, dan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka peserta didik memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang baik sebagai warganegara Indonesia.

Fungsi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka pada  satuan  pendidikan  memiliki  fungsi pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir. Tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia, menuju ke tujuan Gerakan Pramuka, sehingga dapat membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. Dalam kegiatan pramuka terdapat tingkatan dan peraturan, serta persyaratanyang harus dipenuhi oleh setiap anggotanya.

Untuk mempermudah dan melengkapi pengadministrasian kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah tentang Silabus Ekstrakurikuler Pramuka, silahkan download di bawah ini.

Referensi Artikel Lainnya :


    Subscribe to receive free email updates: