Aplikasi Analisis Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah

Aplikasi Analisis Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah : Kompetensi TAS atau Tenaga Administrasi Sekolah adalah kemampuan standar yang harus dimiliki oleh setiap Tenaga Administrasi Sekolah. Tenaga Administrasi yang dimaksud dalam hal ini adalah pegawai tata usaha yang bekerja di Sekolah. 

Aplikasi Analisis Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah
Aplikasi Analisis Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah

Berdasarkan PERMENDIKNAS (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) RI Nomor 24 Thn 2008 tentang SSAD (Standar Staf Administrasi Sekolah), ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh Staf Tata Usaha Sekolah. Kompetensi tersebut meliputi: 

  1. Kompetensi tentang kepribadian, yakni setiap pegawai tata usaha diharapkan memiliki imtegritas atau kepribadian / akhlak mulia, memegang teguh etos kerja, percaya diri, pengendalian diri, fleksibilitas, kedisiplinan, ketelitian, kreatif - inovasi, dan bertanggungjawab. 
  2. Kompetensi sosial, diantaranya memiliki kemampuan kerjasama tim, kesadaran  berorganisasi, pelayanan yang maksimal, mampu berkomunikasi secara efektif. Selain itu juga mampu menjalin hubungan kerja yang baik. 
  3. Kompetensi teknik - Sebagai pegawai tata usaha sebaiknya mampu untuk melakukan pengadministrasian pegawai, SARPRAS, keuangan, menjalin hubungan antara sekolah dan masyarakat, pengarsipan, persuratan, administrasi kurikulum, administrasi kesiswaan, penerapan TIK atau IT, dan pelayanan khusus. 
  4. Kompetensi manajerial (khusus untuk kepala TU), di antaranya mampu menyusun program juga lampiran kerja, melakukan pengorganisasian staf, melakukan pengembangan staf, melakukan pengambilan keputusan, menciptakan iklim kerja kondusif, melakukan optimalisasi sumber daya, melakukan pembinaan staf, melakukan pengelolaan atau manajemen konflik, dan mampu menyusun berbagai laporan. 
Berdasarkan keempat kompetensi standar TU di atas, maka selayaknya para pegawai tata usaha di sekolah memiliki kompetensi tersebut. Jika dirasa belum, maka sebaiknya segera melakukan peningkatan terhadap kompetensi tersebut. Pada kali ini kita akan menyikapi Kompetensi poin ketiga yaitu kompetensi teknik. 


Kompetensi tersebut sebaiknya dimiliki oleh para pegawai TU karena mendukung sekali terhadap kinerja TU itu sendiri. Pada kesempatan ini, sesuai dengan latar belakang penulisan artikel ini yaitu dalam rangka mencapai atau memenuhi kompetensi teknik, maka saya akan berbagi file yang bisa kita sebut sebagai aplikasi. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk menganalisis kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah. 


Referensi Artikel Lainnya :


    Subscribe to receive free email updates: