Teknik-teknik Mengajar yang Wajib Dipahami Oleh Guru

Teknik-teknik Mengajar yang Wajib Dipahami Oleh Guru : Dalam proses belajar mengajar, teknik dapat diartikan cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Teknik harus konsisten dengan metode. Misalnya, penggunaan metode caramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.

Teknik Mengajar yang Harus Dikuasai Oleh Guru
Teknik-teknik Mengajar yang Wajib Dipahami Oleh Guru

Penentuan strategi berkaitan erat dengan teknik pengajaran yang dilakukan. Strategi yang baik tanpa teknik yang memadai bisa berakibat fatal. Kemampuan guru sangat menentukan dalam memilih teknik belajar mengajar yang digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Guru perlu mengkaji teknik mengajar yang sesuai dan memilih strategi-strategi yang memberikan peluang paling banyak bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. 

Baik untuk guru reguler maupun guru bimbingan belajar, ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengajar/guru di antaranya adalah pemahaman dan penguasaan teknik penyajian mengajar. Agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang diharapkan, para guru harus memahami dan menentukan stretegi pembelajaran dengan tepat.

Seorang guru harus mengetahui dan memahami teknik-teknik penyajian dan sifat-sifat yang khas pada setiap teknik dengan tujuan yang hendak dicapai.

Berikut ini beberapa teknik penyajian mengajar yang harus dikuasai oleh seorang guru  {download disini}

Referensi Artikel Lainnya :


    Subscribe to receive free email updates: